Android


Pada Halaman ini kita akan membahas tentang android😀

sebelumnya kita bahas dulu tentang sejarah android.

android ingin memasukin tahun ketujuh di tahun 2014 ini, android bisa menguasai lebih dari 80% pasar. melebihi iOS dan windows/phone. pada kesempatan kali ini, kita akan melihat bagaimana si robot ini dimulai.

Android di perkenalkan pada November 2007, tapi pada 22 september 2008 pasar yang sebenarnya di mulai. pada hari itu HTC Dream (yang kita kenal sebagai T-Mobile G1) diperkenalkan. pada awalnya tidak begitu baik dan mudah. banyak yang bilang, OS ini ga bakal bisa ngalahin windows dan iOs. Pada saat itu pendapat seperti ini cukup bisa dipercaya. Setelah itu Android kembali datang dengan dirilis oleh Sony, LG, Samsung, dan HTC. pada versi yang sebelumnya Android digunakan untuk menelpon, mengirim SMS dan konek ke internet. hal yang membuat Android unik adalah dia ini bersifat open source, dan user diperkenankan untuk berkontribusi dan mengembangkan OS tersebut dengan ide-ide kreatifnya.

Coba kita lihat kembali HTC Dream sebentar. device ini di perkenalkan pas pertama banget Android keluar. dengan spesifikasi Qualcomm MSM 7201A CPU dengan kecepatan 528Mhz, ram 256 dan internal memory 192 . Pada zaman itu udah muantep buanget deh. OSnya android 1.0 bisa diupgrade ke Android 1.6 (Donut). udah paling top markotop buanget (abis baca artikel ini ngeliat xperia Z1 di kantong rasanya gimana gitu).

HTC Dream

Versi 1.0 punya banyak fitur-fitur unik di Android Market (sekarang disebutnya Play Store), dimana hal ini memberikan user untuk mendapatkan ratusan aplikasi untuk memaksimalkan kemampuan handphonenya. kontak nya di simpan di cloud storage yang terintegrasi oleh Gmail. dan OS ini punya fungsi penuh untuk berselancar di dunia maya😀

Pertamanya Google tidak memberikan codenames seperti cupcake, donut, eclair. cuman dinamain Android 1.0 – dan Android 1.1 dinamain Petit four. dan ada yang dinamain Astroboy dan Bender.

Android 1.5 Cupcake

Setelah banyak mengalami perkembangan. Langkah besar yang pertama adalah kernelnya di upgrade ke versi 2.6.27, dimana sistemnya lebih stabil. dan widget mulai di perkenalkan disini. dan masih digunakan sampai 4 tahun belakangan. Untuk pertama kalinya juga user bisa menggunakan keyboard custom. dan perkembangan besar lainnya adalah bisa melakukan copy/paste!

Adnroid 1.6 Donut

4 Bulan setelah kemunculan perdananya, sebenarnya hanya merupakan upgrade dari cupcake, ga banyak perkembangan kecuali screenshot yang ada di Android market dan bisa memilih banyak foto untuk di remove dari galery.

Android 2.0/2.1 Eclair

Perkembangan besar selanjutnya adalah eclair! sekali lagi kernel ini telah di update, menjadi versi 2.6.29. sync contact diperbaharui, dan bisa menambahkan email address kedalamnya. dan Email yang bersifat standalone mulai di perkenalkan. dimana dia mensuport bluetooth 2.1. selain itu aplikasi kamera di eclair juga sudah support flash! bisa zoom dan setting white balance. selain itu User Interfacenya juga di optimalkan, penambahan kecepatan scroll dan memungkinkan kita untuk menggunakan Live wallpaper. versi 2.1 juga merupakan suatu update yang sangat besar, karena untuk pertama kalinya Google memutuskan untuk merilis handphone yang di keluarkan oleh HTC bernama Google Nexus One. setelah itu merk mereka dinamai dengan Nexus. Banyak yang percaya kalau nama tersebut diambil dari Philip K. Dick’s Nexus 6.

Android 2.2 Froyo

Pertama kali admin punya handphone android juga di persenjatai OS ini, yaitu LG Optimus ME, sekarang sih udah pake Jelly Bean 4.2.2 dong walaupun custom rom B) .

Froyo is a regional abbreviation for frozen yogurt. Froyo ini diperkenalkan pada May 2010. Misi utamanya adalah untuk meningkatkan kecepatan sebagai bukti di pernalkan oleh JIT (Just in Time)compiler kepada Dalvik. Konektivitasnya juga diperbaharui. dimana pada Froyo diperkenankan untuk tethering Wifi atau Via USB. dan akhirnya browser android mensupport GIF dan Flash Player. dan Chrome mereplace AOSP Browser. pada Q4 2010 1/3 orang di Amerika menggunakan Android Smartphone dan akhirnya mengalahkan iOS. semenjak itu Android dilihat sebagai pemain ponsel terbesar.

Google Nexus S adalah smartphone pertama yang dipersenjatai oleh Android 2.3 Gingerbread. dan itu juga merupakan Nexus pertama yang di produksi oleh Samsung. ini adalah suatu langkah besar. dimana Samsung tumbuh menjadi perusahaan smartphone terbesar saat ini. device ini hampir setara dengan Samsung Galaxy S, sebagai salah satu device yang sangat baik, Gingerbread adalah salah satu OS yang paling sukses. dimana pada saat itu sangat populer pada tiap versi di OS mobile. selain itu Gingerbread juga sudah mensupport sensor baru seperti NFC, Gyroscope, dan Barometer. dan untuk yang pertamakalinya, Android diberikan API yang support kamera depan dan belakang seperti yang dapat kita lihat di HTC Evo 4G. Sistem Operasi ini sangat cepat dan masih bisa ditemukan di beberapa device legendaris hahaha..

benar-benar sangat mengagumkan dimana pemain kecil bisa menjadi yang paling menguasai di setiap waktunya.

Dahulu kala, di daerah yang sangat jauh berlokasi di Mountain View, versi pertama dari sistem operasi yang di dedikasikan untuk Tablet PC telah lahir. Google menyebutnya

3.0 Honeycomb dan di presentasikan oleh Motorola xoom.

untuk pertama kalinya perusakaan memutuskan untuk meninggalkan source code dalam keadaan tertutup. dan mereka mencopa untuk mengimplementasikan sesuatu fitur yang unik dan mereka berhasil melakukannya. Notifikasi are toggles telah diperkenalkan, dan rendering grafiknya di transfer menggunakan GPU, membuat sistem semakin responsif dengan penambahan performa user interface. dan bicara tentang performa, itu adalah pertamakalinya android menggunakan multicore. dimana tren ini berlanjut sampai sekarang.

4.0 Ice cream Sandwich.

versi selanjutnya yang di perkenalkan oleh google, yang mengincar penggunaan tablet dan handphone. Google meluncurkan OS ini dengan device yang sangat populer seperti Samsung Galaxy Nexus. ICS di rilis pada 19 Oktober 2011. untuk pertamakalinya Kernal Linux 3.0.1 digunakan.

banyak fitur dari honeycomb yang dipindahkan kesini. dan Gnex berubah menjadi tombol physic yang di replace menjadi software equivalent. tujuannya adalah memaksimalkan penggunaan layar dengan ukuran 4.65 inch. dimana user bisa men unlock handphone hanya dengan melihat device mereka. dan HOLO dimana yang pertama kali dipamerkan dalam bentuk dasar di Honeycomb, telah disempurnakan. setengah tahun kemudian setelah kemunculan ICS, google merilis

Android 4.1 JellyBean.

Google merilis 4.1 dengan di manufaktur oleh ASUS, Google Nexus 7. dan Jelly Bean sendiri mempunyai banyak update atau banyak versi yakni 4.1 4.2 dan 4.3. dan merupakan sistem yang sangat populer. dimana pada saat ini terhitung lebih dari 50% Android device memiliki akses ke google play.

Android 4.1 membawa sangat banyak perubahan. notifikasi yang lebih kaya, indoor maps, Google Now, dan masih banyak lagi. Android 4.2 pertamakali di populerkan oleh LG. dengan produknya Google Nexus 4. lalu asus membuat Google Nexus 7 pada tahun 2013 dan pertamakalinya memperkenalkan Android 4.3 dimana sangat banyak peningkatan seperti sebelumnya yang telah di cover oleh SELinux. dan software kameranya juga mendapatkan banyak update, seperti swipe untuk dismiss UI paradigm, photosphere dan masih banyak lagi. pada saat ini banyak spekulasi apakah versi selanjutnya dari android adalah versi 5.0 yang di beri nama “Key lime pie”. Ternyata versi selanjutnya adalah

Android 4.4 Kitkat

Sistem operasi yang dirilis pada saat halloween 2013 dan ditenarkan oleh Google Nexus 5. Banyak fitur tambahan dari versi ini, namun tujuan utamanya adalah membuat sistem operasi bekerja dengan baik bahkan untuk berjalan pada device kelas low end sekalipun. hanya dengan menggunakan 512mb ram. ART kompiler yang baru juga di perkenalkan pada versi 4.4 dan ini cukup memungkinkan akan mereplace Dalvik dimasa yang akan datang.

Namun tidak semuanya berjalan dengan baik pada versi Android yang terakhir ini. banyak yang khawatir, untuk mendapatkan kontrol dari platform ini, google mungkin membuat sistem yang hampir tidak berguna tanpa closed source application mereka. seperti chrome, hangouts, dan google experience launcher yang baru. sementara ini tidak begitu banyak berguna untuk user. tapi tidak ada yang tahu di platform yang akan datang.

setelah 6 tahun, Android berubah dari robot kecil yang lucu menjadi prajurit tangguh sekarang. google sekarang adalah pemain terbesar dalam pasar mobile. dan sebagian besar ponsel baru menggunakan sistem operasi Android. Kunci kesuksesan android berada di kebebasan dalam mengkostumisasi software tersebut. OEM yang baru bisa membuat modifikasi seperti TouchWiz atau sense dan extra add ons yang sudah terintegrasi dalam OS. Mereka bilang, kita cuma bisa berharap google akan berfikir kembali untuk mengganti software berbasis open source dengan aplikasi dengan rekanan proprietary (mungkin maksudnya yang ga open source gitu lah ya) dan mengambil kebebasan yang telah ada yang kita cintai selama ini.

sumber

klik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s