INTEL LARRABEE “HYBRID”


GPGPU Intel Larrabee, Tekhnologi apa saja yang ada di dalamanya? Benarkah Larrabee tidak akan hadir tahun ini?

Seperti yang sudah anda ketahui dimana Intel sedang menciptakan Tekhnolgi hybrid, dimana ia sedang menggabungkan antara multicore dan GPU yang diberi nama LARRABEE. Duh kalo inget Intel larrabe ini jadi inget sama slogan AMD, “future is fusion” sama aja kaya intel kan? gabungan juga hehehe..

Jadi Intel Larrabee ini diluncurkan buat ngalahin saingan terberatnya yaitu Nvidia dan ATi Radeon, tapi bisa ga ya? soalnya waktu tahun 1998, Intel pernah membuat terobosan dengan mengeluarkan produk GPUnya yang sudah menggunakan interface AGP, dimana rival yang lainnya masih berkutat dengan interface PCI, untuk bro bro yang maish awam jangan bingung ya.. PCInya bukan PCI express, tapi itu yang slotnya putih tempat buat sound card dan ethernet card itu loh. ahaha.. GPU tersebut di kasih nama i740. Namun, hanya bisa bertahan di pasaran selama 18 bulan saja. Namun sisa-sisa teknologi pada i740 masih bisa kita temukan pada intel GMA, chipset GPU terintgrasi milik Intel.

Larrabee mengunakan arsitektur dan memiliki cache layaknya sebuah CPU, dan selain itu ia juga menggunakan teknologi wideSMD vector, dan texture sampling yang digunakan oleh semua GPU. Sebagai fungsi sebuah CPU tentu saja Larrabee mendukung rasterized 3D Graphics ( DIrect 3D dan Open GL) Untuk bermain Game.

Lalu, apa sih bedanya Larrabee dengan CPU dan GPU?

Beberapa perbedaan teknologi antara larrabee dengan GPU dan CPU yang ada saat ini, sangat terlihat dengan jelas, Dari beberapa sumber diketahui sebagai berikut:

  • Larrabee menggunakan arsitektur X86 dengan specific extensions.
  • Larrabee memiliki fitur cache untuk semua corenya.
  • Larrabee menggunakan sedikit tekhnologi graphic hardware, dan lebih mengedepankan performa, seperti z-buffering, clipping dan blanded software menggunakan pendekatan tile based rendering.

Tentu saja, beberapa perbedaan tersebut membuat Larrabee menjadi lebih fleksibel dibandingkan GPU yang ada saat ini karena dapat memisahkan teknologi antara games dan aplikasi 3D di luar gaming.

Intel larrabee in Action

One thought on “INTEL LARRABEE “HYBRID”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s