Mati total


Untuk Komputer dengan kondisi mati total, kita pasti panik, misalnya kita ingin memakai komputer, tetapi tiba-tiba komputer itu tidak bisa digunakan sama sekali, jangan panik, dan buru-buru membawanya ketukang servis, karena siapa tahu masalahnya mudah untuk kita atasi sndiri. Tetapi memang agak rumit jika kita membetulkan sendiri, karena terkadang kita membutuhkan suku cadang lain untuk percobaan.

  • Cek Kabel Power

Coba anda cek kabel Power, apakah benar-benar menempel pada power supply, kendor, atau kotor, anda dapat membeli kabel power jika rusak di toko-toko elktronik seperti penjual lampu pun biasanya menjual, dan harganya 10rb-20rb rupiah. Jika Komputer menyala, berarti masalahnya terletak pada kabel power. Kabel Power Sudah benar tetapi kenapa belum nyala juga ya?

  • Power Supply

Power supply merupakan jantung bagi komputer, karena dia mengedarkan arus istrik ke semua bagian pc layaknya jantung yang berfungsi mengedarkan darah. Untuk masalah ini sepertinya akan sedikit rumit, untuk mengetahui apakah power supply anda bermasalah atau tidak, biasanya anda membutuhkan PSU cadangan, anda mungkin dapat membeli PSU cadangan, biasanya PSU biasa harganya relatif murah, seperti yang saya katakan pada tab Overclock, atau anda dapat membeli alat pengecek kerusakan PSU, tetapi saya rasa kurang efisien, anda lenih baik membeli baru yang biasa saja, lalu perhatikan, apakah dengan PSU baru PC anda dapat menyala, jika ya? berarti masalah ada di PSU, tapi jika tidak, kemungkinan PSU masih bagus, atau ada komponen lain yang ikut rusak.

  • Motherboard

motherboard

Untuk motherboard, ini penyakit paling mengerikan untuk saya, bayangkan, anda menggunakan pentium IV socket 478, dan rusak, sedangkan sekarang adalah jaman LGA 775, 1156, dan 1366. Maka anda terpaksa membeli bekas, bisa baru, itupun jika anda beruntung, biasanya jika sudah diperiksa periferal yang lain ternyata masih baik kerjanya, maka motherboard langsung di lirik, cek chipsetnya, jika terasa hangat, maka masih ada tanda-tanda kehidupan pada motherboard anda, untuk beberapa vendor, merka menyediakan lampu led sebagai tanda motherboard itu aktif, lalu anda coba cabut jumperm jumper dari 3 pin, dia menempel pada pin ke 1 dan2, lalu anda cabut, dan pindahkan ke pin ke 2 dan 3, anda nyalakan, jangan heran jika tidak bisa, memang itu tujuannya, setelah itu kini anda pindahkan ke posisi semula, jika nyala, berarti masalah ada pada jumper, berikut adalah contoh jumper

cmosjumper

Seperti yang anda lihat, diatas terdapat gambar jumper(tanda panah).Setelah itu jika masih tidak nyala, coba anda ganti batre cmosnya, batre cmos adalah batre yang digunakan sebagai batre jam, sekitar 2rb rupiah biasanya, anda dapat melihat gambarnya di atas yang berbentuk bulat, jika tidak bisa juga, maka lihat apakah permukaan motherboard tidak rata, jika tidak rata biasanya itu adaah penyebabnya, bersiaplah membeli motherboard baru😀 atau ada bagian pada motherboard anda yang terbakar, maka anda harus bersiap merogoh kocek untuk membeli motherboard baru😀

Tambahan: Maaf kalo garing, coba cek apakah anda sudah bayar listrik atau belum sehingga komputer anda tidak nyala😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s